Home / Berita Umum / Anak Gimbang Minta Tempe Gembus Hingga Sepeda Di Ritual Potong Rambut

Anak Gimbang Minta Tempe Gembus Hingga Sepeda Di Ritual Potong Rambut

Anak Gimbang Minta Tempe Gembus Hingga Sepeda Di Ritual Potong Rambut – Acara Dieng Culture Festival (DCF) tahun ini semakin lebih ramai di banding tahun awal mulanya. Mengingat jumlahnya bocah bajang atau anak memiliki rambut gimbal yang akan turut diruwat semakin banyak serta datang dari beberapa daerah, termasuk juga dari Jawa Barat.

Tahun ini bocah bajang yang akan diruwat sampai yaitu 11 anak, semakin banyak dari tahun awal mulanya yang cuma 9 anak. 11 anak itu juga bukan sekedar datang dari Banjarnegara atau Wonosobo, 2 salah satunya dari luar daerah, yaitu Nurlaela Herawati (12) dari Tasikmalaya dan Laela Handayani (6) asal Cikampek, Jawa Barat.

” Jumlahnya anak gimbal yang akan diruwat tahun ini ada 11 anak. Mereka datang dari Banjarnegara, Wonosobo sampai ada yang luar propinsi, ” kata kepala Dinas Kebudayaan serta Pariwisata Banjarnegara Dwi Suryanto

Disebutkan, tiap-tiap acara DCF banyak anak memiliki rambut gimbal yang mendaftarkan untuk ikuti ruwatan. Akan tetapi, pihak panitia memprioritaskan pada anak memiliki rambut gimbal yang kurang dapat.

” Karena di lain sisi, maksut digelarnya DCF ini menjadi bentuk sosial. Karena untuk mengadakan ruwatan potong rambut gimbal memerlukan cost banyak, ” terangnya.

Dwi menuturkan, ruwatan anak memiliki rambut gimbal ini mesti dikerjakan supaya sesudah dipotong rambut si anak tidak gimbal lagi. Umumnya, anak akan ajukan keinginan spesial yang perlu dipenuhi sebelum rambut gimbatnya dipotong.

” Umumnya permintaannya aneh-aneh. Seperti tempe gembus, permen sampai sepeda, ” ucapnya.

About admin