Home / Ekonomi / Bawang Merah Harga Anjlog Saat Panen

Bawang Merah Harga Anjlog Saat Panen

Bawang Merah Harga Anjlog Saat Panen – Kementerian Koordinator (Kemenko) Perekonomian mengadakan rapat mengenai harga bawang merah di sentra produksi anjlok. Dalam rapat ini disetujui Bulog juga akan meyerap bawang petani di harga Rp 15. 000/kg (kg) .

Sekarang ini harga bawang merah kwalitas super ataupun baku di petani dibawah Rp 10. 000/kg (kg) .

” Ada banyak hal yang disetujui dengan, pertama Bulog juga akan lakukan serapan, lakukan pembelian, tapi kita juga minta perindutsrian menolong pasarkan, hingga dapat diserap, ” tutur Direktur Sayuran serta Tanaman Obat Ditjen Hortikultura, Kementerian Pertanian, Prihasto Setyanto, selesai rapat di Kemenko Perekonomian, Selasa (9/1/2018) .

Penyerapan yang dikerjakan Bulog, kata Setyanto, karena produksi bawang merah di banyak daerah masuk masa panen hingga berlangsung over produksi, hal semacam ini juga yang buat harga bawang merah di tingkat petani jadi turun.

Pada Januari 2018, kata Setyanto, panen bawang merah berlangsung di 45 kabupaten di Indonesia dengan keseluruhan produksi sejumlah 130 ribu ton. Lokasi-lokasi itu yaitu Brebes, Enrekang, Nganjuk, Cirebon, serta Demak.

” Rata-rata produksi 7, 8 ton per hektar, jadi yang mengakibatkan harga turun terkecuali over produksi, juga kwalitas bawang merah yang kurang baik, ” lebih dia.

Untuk sekarang ini, kata Setyanto, harga pembelian bawang merah di tingkat petani telah dibawah Rp 10. 000 hingga Rp 11. 000 per kg atau dibawah harga normal di tingkat petani. Oleh karenanya, pemerintah memerintahkan Bulog dan Kementerian Perindustrian untuk dapat lakukan penyerapan.

” Saat ini harga petani dengan keadaan barusan harga nya pada Rp 6. 000-Rp 7. 000 per kg. Jadi tetapi Bulog disuruh untuk menyerap sesuai sama harga eceran, serta perindustrian dapat mempersiapkan industri yang dapat menyerap, ” tutup dia.

About admin