Menteri Pertanian Bareng PBNU Awasi Harga Cabai

Agen Casino

Menteri Pertanian Bareng PBNU Awasi Harga Cabai – Menteri Pertanian (Mentan) Andi Amran Sulaiman menggandeng Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) untuk memonitor harga cabai serta jagung. Hal semacam ini dilaksanakan untuk menjangkau stabilitas harga ke-2 komoditas itu.

Dalam info tercatat, Sabtu (1/4/2017) , untuk wujudkan realisasinya, Amran bersilaturahmi ke kantor PBNU, Jl Kramat Raya, Jakarta Pusat, Jumat (31/3/2017) .

Amran yang didampingi deretan Eselon I Kementerian Pertanian (Kementan) , disambut Ketua Umum PBNU Said Aqil Siradj serta Ketua Pengurus Harian Tanfidziyah PBNU Mochammad Maksum Machfoedz.

Dalam pertemuan itu keduanya setuju untuk bangun pertanian Indonesia lewat organisasi dibawah PBNU seperti Fathayat, Muslimat, Anshor dan sebagainya. Sedang untuk komoditas yang bakal dikerjasamakan adalah komoditas pangan strategis seperti jagung serta cabai.

” Apa sajakah (komoditasnya) tidaklah masalah. Bawang bisa serta segala komoditas strategis kita, ” tutur Amran.

Amran menginginkan melibatkan segala elemen penduduk dalam bangun pertanian. ” Semuanya kita sertakan. Makin banyak, makin baik, ” imbuhnya.

Amran mencontohkan bagaimana harga cabai saat ini dapat stabil. Hal semacam ini lantaran kerja sama pihak-pihak yang ikut serta dalam gerakan tanam cabai serta Kawasan Rumah Pangan Lestari (KRPL) yang digalakkan awal th. ini.

Amran pernah menanggapi keadaan jagung sekarang ini yang harga nya tengah turun akibat persediaan yang melimpah. Kementan sudah bicara dengan Paduan Perusahaan Makanan Ternak (GPMT) untuk menyerap jagung yang ada di petani dengan harga yang telah diputuskan pemerintah dengan harga jagung pipilan kering Rp 3. 150/kg.

Amran mengharapkan kerja sama ini lekas terealisasi, ” Harapannya sebelumnya bln. 4 telah tanam, ” katanya.

Dengan segala elemen penduduk yang ikut serta, harapannya hal itu bisa jadi jalan keluar waktu panjang untuk pertanian Indonesia.

Disamping itu, Said Aqil Siradj mengaku program pemerintah itu membawa akibat positif pada stabilitas harga cabai sekarang ini.

” Mereka yang menyebutkan kalau harga (cabai) 40-50 (ribu) di pasar. Kita jadi kuatir harga malah meluncur ke bawah. Kita minta dirjen untuk mempersiapkan cold storage untuk menyerap cabai itu, ” tuturnya.