Home / Berita Umum / BBPOM Bongkar Produsen Jamu Berbahaya Beromzet Rp 200 Juta

BBPOM Bongkar Produsen Jamu Berbahaya Beromzet Rp 200 Juta

BBPOM Bongkar Produsen Jamu Berbahaya Beromzet Rp 200 Juta – Balai Besar Pengawasan Obat serta Makanan (BBPOM) serta Polda Jateng menggerebek produsen jamu memiliki kandungan bahan kimia obat (BKO) di Desa Sidasari, Kecamatan Sampang, Cilacap. Diketemukan beberapa ribu sachet obat kuat serta bahan obat yang belumlah dioplos.

” Diketemukan jamu memiliki kandungan bahan kimia obat serta diketemukan bahan kimia obatnya. Ada dua type bahan kimia obat, yang memiliki bentuk serbuk putih disangka memiliki kandungan sildenafil (obat untuk mengatasi disfungsi birahi), ” kata Plt Kepala BBPOM Semarang, Zeta Rina Pujiastuti, di tempat, Rabu (8/8/2018).

Ada beberapa merk jamu kuat memiliki kandungan BKO yang diketemukan seperti Africa Black Ant, Urat Kuda, Buaya Jantan, Lagi Lagi serta Galax. Merk Arfica Black Ant awal mulanya sempat ditest dalam laboraturium serta memiliki kandungan sildenafil.

Produk memiliki kandungan BKO itu sekarang bebas di lokasi Tegal serta Kebumen. Disangka juga sudah di pasarkan sampai luar Jawa. ” Pemiliknya mengemukakan untuk pemasaran telah tiba Jakarta. Tetapi kalaupun kita menyangka telah tiba luar Jawa, ” katanya.

Dalam menggerakkan laganya mengoplos serta mengemas jamu ini, pemilik berinisial SAL ini mengontrak rumah punya ketua RT ditempat. Dalam satu hari, SAL bisa menghasilkan beberapa ribu sachet jamu kuat.

” Dalam satu hari seputar 900 dus, berati beberapa ribu sachet, karena pada sebuah dus itu dalamnya 12 sachet, ” katanya.

Petugas juga mengambil alih dua set mesin pengemasan, satu set mesin pres, 1 tong penuh 25 kg serbuk bahan baku obat, 7. 550 lembar paket sekunder, 110 sachet jamu urat kuda, 130 sachet jamu galax, 883 dus black ant, 21. 928 sachet produk jadi yang belumlah dikemas serta beberapa dokumen pengiriman.

” Untuk omzet disadari seputar Rp 200 juta. Itu omzet /hari atau per bulan, akan kita didalami lagi, ” jelas Zeta Rina Pujiastuti.

About admin