Home / Berita Umum / Charismatic Night Carnival Meriahkan Hari Jadi Kota Madiun

Charismatic Night Carnival Meriahkan Hari Jadi Kota Madiun

Charismatic Night Carnival Meriahkan Hari Jadi Kota Madiun – Charismatic Night Carnival (CNC) menghibur beberapa ribu masyarakat Kota Madiun. Karnaval ini diadakan untuk rayakan hari jadi Kota Madiun ke 101.

CNC dibarengi 55 peserta, baik OPD, BUMN atau lembaga swasta. Karnaval ini telusuri selama jalan protokol di Kota Madiun. Tampilan pendekar silat, kesenian Dongkrek serta reog Ponorogo jadi perhatian beberapa pemirsa.

“Semarak sekali, benar-benar suka dapat lihat bermacam macam budaya. Ini saya ajak anak supaya kenal budaya,” kata Murni (35), pengunjung asal Magetan, Sabtu (22/6/2019) pagi hari.

Wali Kota Madiun Maidi mengharap even tahunan ini bisa jadi arena promo daerahnya ke arena Nusantara. “Saya mengharap even tahunan ini dapat jadi kekuatan wisata di kota Madiun,” terangnya.

Kesenian bela diri silat dipertunjukkan Sekretariat Kota Madiun pada nomer urut satu. Diikuti kesenian Dongkrek dari kota tetangga, yaitu Kabupaten Madiun. Kesenian Dongkrek mempunyai riwayat panjang buat masyarakat ditempat.

Dongkrek adalah kesenian asli dari Kecamatan Mejayan, Kawedanan Caruban, Kabupaten Madiun. Beberapa pria serta wanita menari dengan menggunakan topeng disertai musik tradisionil. Tarian ini menceritakan petani tidak berhasil panen (pagebluk).

Kesenian reog yang disuguhi Pemkab Ponorogo tidak kalah semarak. Karnaval ini diawali Jumat malam jam 20.00 WIB sampai pagi hari barusan jam 01.00 WIB.

Sebelum iringan peserta CNC, pertunjukan tarian yang memvisualisasikan tokoh Retno Dimulah memulai karnaval ini. Retno adalah tokoh pendiri Kota Madiun.

Beberapa ribu masyarakat terlihat memadati rute yang dilalui. Dari mulai Jalan Pahlawan, Jalan Cokroaminoto, Jalan Musi, serta Finis di Jalan Agus Salim di muka SMPN 2 kota Madiun. Even tahun ke-2 oleh Pemkot Madiun ini mengangkat topik Serasi Nusantara.

Satlantas Polresta Madiun lakukan penutupan jalan mulai bagian utara ke arah jalan pahlawan. Penutupan di perempatan Jalan Panglima Sudirman.

About penulis77