Home / Berita Umum / Jokowi Beri Kewenangan Pada KPK Untuk Selesaikan Setiap Kasus Korupsi

Jokowi Beri Kewenangan Pada KPK Untuk Selesaikan Setiap Kasus Korupsi

Jokowi Beri Kewenangan Pada KPK Untuk Selesaikan Setiap Kasus Korupsi – Presiden Joko Widodo atau Jokowi menyikapi penentuan Dirut PLN Sofyan Basir menjadi terduga Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Jokowi menyerahkan proses hukum pada instansi antirasuah itu.

“Iya, beri kewenangan ke KPK untuk mengakhiri tiap-tiap beberapa masalah hukum yang ada dalam soal ini korupsi,” kata Jokowi di JCC Senayan Jakarta, Rabu (24/4).

Awalnya, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) memutuskan Direktur Penting PT. PLN Sofyan Basir menjadi terduga masalah suap PLTU Riau-1. Sofyan dimaksud terima janji atau hadiah seperti bekas Wakil Ketua Komisi VII DPR RI Eni Maulani Saragih serta bekas Sekjen Golkar Idrus Marham.

“SFB (Sofyan Basir) disangka terima janji dengan memperoleh sisi yang sama besar dengan jatah Eni Maulani Saragih serta Idrus Marham,” tutur Wakil Ketua KPK Saut Situmorang dalam jumpa wartawan di Gedung KPK, Kuningan, Jakarta Selatan, Selasa (23/4/2019).

Tetapi, Saut tidak menerangkan berapakah besaran uang suap yang di terima oleh Sofyan Basir. Berdasar pada tuduhan, Eni Saragih dimaksud terima suap Rp 4,7 miliar dari entrepreneur Johanes Budisutrisno Kotjo. Sedang Idrus Rp 2 miliar.

Berdasar pada bukti persidangan, Sofyan tertera sembilan kali lakukan pertemuan baik dengan Eni Saragih ataupun Johanes Kotjo sebagai pemegang saham Blackgold Alami Sumber Limited.

Sembilan pertemuan itu pertama berlangsung pada tahun 2016. Sofyan akui berjumpa di dalam rumah bekas Ketua DPR Setya Novanto. Waktu itu ada Eni Saragih serta Direktur Penyediaan Strategis 2 PT PLN, Supangkat Iwan Santoso.

Lantas pertemuan ke-2 seputar awal tahun 2017 di Kantor Pusat PLN waktu Eni Saragih memperkenalkan Johanes padanya. Seterusnya pada 29 Maret 2017, Juli 2017, November 2017 di Hotel Fairmont Jakarta sampai yang paling akhir pada 9 Juli 2018 Eni berjumpa Sofyan di House of Yuen Dining and Restaurant Fairmont Hotel.

About admin