Home / Berita Umum / Kecam Pembakaran Istama Siak Yang Tak Bertanggungjawab

Kecam Pembakaran Istama Siak Yang Tak Bertanggungjawab

Kecam Pembakaran Istama Siak Yang Tak Bertanggungjawab – Bupati Siak, Syamsuar mengakui terperanjat ada usaha pembakaran Istana Siak yang berada di Kota Siak Sri Indrapura. Dia mengutuk aktor yang juga akan menghanguskan istana peninggalan kesultanan Siak itu.

” Rasa-rasanya seperti tidak pecaya saya ada orang ingin bakar istana, tapi itu kenyataan di lapangan. Saya mengutuk keras aktornya, mudah-mudahan pihak kepolisian dapat selekasnya membuka siapa aktornya, ” kata Syamsuar dalam pembicaraan dengan detikcom, Selasa (9/1/2018) .

Untuk Syamsuar momen miris yang juga akan membakar istana itu begitu diluar akal sehat. Karna sampai kini siapa juga yang datang ke Istana Siak baik wisatawan dari Indonesia ataupun luar negeri keduanya sama melindungi istana. Beberapa pengunjung tidak sempat mengusik beberapa barang peninggalan histori yang berada di dalamnya.

” Momen yang berlangsung betul-betul diluar akal sehat kita. Saya ini telah 63 th., baru kesempatan ini ada momen ada orang ingin membakar Istana Siak, ” kata Syamsuar.

Menurut Syamsuar, Istana Siak walaupun ada di kota Siak Sri Indrapura ibu kota Kab Siak, tidak semata-meta punya orang-orang Siak atau orang-orang Riau. Tetapi Istana Siak penggilan kesultanan Siak adalah aset bangsa Indonesia.

” Istana itu punya bangsa Indonesia yang disebut bukti histori panjang kesultanan Siak yang mensupport kemerdekaan Indonesia. Kok ada orang tega-teganya ingin membakar bukti histori ini, ” kata Syamsuar.

Dengan momen itu, Syamsuar juga ambil pelajaran perlu, supaya penjagaan yang berada di istana ditingkatkan sekali lagi.

” Saya kecewa dengan juga petugas jagalah disana. Masak tidak satu orang juga ketahui ada orang masuk hingga membakar patung raplika kesultanan yang berada di dalam penjara. Aktor membawa bensin dalam botol. Ini kelengahan juga buat petugas kita yang berada di sana, ” kata Syamsuar.

Menurut Syamsuar, Istana Siak untuk orang-orang Riau terutama warga Kab Siak yaitu tempat yang sakral. Hingga orang-orang di Siak sendiri tidak sempat untuk beberapa macam didalam istana.

Dia menceritakan, pada saat dianya menjabat Camat serta Kabupaten Siak saat itu masih tetap sisi kecamatan dari Kab Bengkalis, ada momen aneh sempat berlangsung. Menurut dia, saat itu ada pengecetan Istana Siak dari Propinsi Riau. Tukang yang sekali lagi mengecat Istana Siak seperti menghina keadaan bangunan.

” Cuma begini rupanya istana Siak, ungkapan itu kesannya menghina bangunan istana. Besoknya, saat dia ngecat sekali lagi datang ular serta mematuk tangannya. Tukang catnya segera jatuh sakit serta pulang ke Pekanbaru, ” kata Syamsuar.

Juga pernah, kata Syamsuar, sempat beberapa beberapa barang antik di Istana Siak dimaling. Tapi tidak lama aktornya dapat tertangkap.

” Mudah-mudahan saja aktor pembakaran ini selekasnya tertangkap. Untuk orang-orang Siak juga kita berharap untuk memberi info apabila ketahui siapa aktornya, ” tutup Syamsuar.

About admin