Home / Berita Umum / KPK Mengagendakan Kontrol Kada Menteri Agama Lukman Hakim Saifudin

KPK Mengagendakan Kontrol Kada Menteri Agama Lukman Hakim Saifudin

 KPK Mengagendakan Kontrol Kada Menteri Agama Lukman Hakim Saifudin  – Penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengagendakan kontrol pada Menteri Agama Lukman Hakim Saifudin pada Rabu (8/5). Lukman akan dicheck berkaitan masalah pendapat suap pengisian jabatan di Kementerian Agama.

Politisi Partai Persatuan Pembangunan (PPP) ini akan dicheck jadi saksi untuk terduga Romahurmuziy alias Romi. Lukman tidak banyak memberi komentar, tetapi ia berupaya penuhi panggilan kontrol KPK ini hari.

“Insyaallah (hadir),” kata Lukman di Kantor Wakil Presiden, Jakarta, Selasa (7/5).

KPK awalnya sudah mengagendakan kontrol pada Lukman pada 24 April kemarin. Tetapi ia tidak ada dengan fakta ada pekerjaan lain, sampai panggilan kontrol dikerjakan di hari ini.

Lihat : Menag Hemat Bicara Akan Dicheck KPK berkaitan Masalah Romi

Lukman mengatakan akan bawa beberapa dokumen yang diperlukan KPK berkaitan kebutuhan penyidikan.

Awalnya, KPK lewat team Biro Hukum mengatakan Lukman terima Rp10 juta berkaitan masalah suap pengisian jabatan di lingkungan Kemenag.

Hal tersebut tersingkap dalam jawaban team Biro Hukum KPK atas permintaan praperadilan yang diserahkan Romi di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Selasa (7/5).

“Pada 9 Maret 2019 Lukman Hakim Syaifuddin terima uang Rp10 juta dari Haris Hasanudin waktu kunjungan Menteri Agama ke satu diantara pesantren Tebu Ireng Jombang jadi kompensasi atas terpilihnya Haris Hasanudin jadi Kakanwil Kemenag Propinsi Jawa timur,” kata anggota team Biro Hukum KPK Efi Laila di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan.

Lihat : KPK Meminta Hakim Tolak Praperadilan Romi

Semenjak Desember 2018 sampai Maret 2019 ada serangkaian proses seleksi jabatan pimpinan tinggi pratama di lingkungan Kemenag, termasuk juga untuk jabatan Kakanwil Jawa timur. Satu diantara peserta seleksi ialah Haris Hasanudin yang waktu itu menjabat jadi PLT Kemenag Jawa timur.

Haris Hasanuddin lewat Gugus Joko Waskito sebagai staf Menag, memberikan input pada Menag masalah masalah kriteria yang ia hadapi. Haris minta pertolongan supaya masih dapat ikuti seleksi yang berjalan.

“Diluar itu, Haris Hasanuddin dengan difasilitasi oleh Musyafak Noer (Ketua DPW PPP Jawa timur) menjumpai Lukman Hakim Saifuddin serta Romahurmuziy, lalu bercerita tentang masalah yang di hadapinya berkaitan dengan kriteria ikuti Seleksi Jabatan Tinggi Pratama di Lingkungan Kemenag,” sebut Efi.

About admin