Home / Berita Umum / Soal UNBK Sulit Komisi X DPR RI Panggil Kemendikbud

Soal UNBK Sulit Komisi X DPR RI Panggil Kemendikbud

Soal UNBK Sulit Komisi X DPR RI Panggil Kemendikbud – Komisi X DPR RI merencanakan menyebut pihak Kementerian Pendidikan serta Kebudayaan (Kemendikbud) untuk rapat dengan. Hal semacam ini berawal dari sharing siswa SMA yang berasumsi sulitnya masalah yang mereka hadapi waktu turut Ujian Nasional Berbasiskan Computer (UNBK).

” Terkadang memanglah yang berlangsung itu banyak mata pelajaran yg tidak di ajarkan di kelas tapi ditest. Pasti ini butuh dievaluasi. Pihak kami juga akan mencari data serta info untuk pembuktian data. Pasti kelak pada rapat dengan Kemendikbud, intinya Ditjen Pendidikan Basic serta Menengah (Dikdasmen), juga akan kita penilaian, ” kata anggota Komisi X dari Fraksi Partai Demokrat, Putu Supadma, Senin (16/4/2018).

Dia menyebutkan Komisi X akan tidak ambil rangkuman sangat cepat. Mereka juga akan mencari data sebanyak mungkin.

Diluar itu, Komisi X akan mencari info dari beberapa siswa berkaitan sulitnya masalah yang ditangani mereka. Hal semacam ini dikerjakan untuk menghindar hal semacam ini berlangsung di saat depan.

” Kita tidak mau masalah sangat berat serta siswa tidak memperoleh nilai yang maksimum dalam ujian ini. Tapi pasti kita butuh menanti penjelasan dari Kemendikbud, ” katanya.

” Kita akan memverifikasi hal semacam ini ke siswa-siswa, dasarnya apa sajakah yang nyata dihadapi dalam ujian yang sesungguhnya. Karna kita mesti tahu keadaan sesungguhnya. Agar tidak terulang sekali lagi hal semacam ini ke depan, ” sambung Putu yang Wasekjen Demokrat ini.

Menurut dia, rapat dengan Ditjen Dikdasmen butuh dikerjakan untuk mencari tahu titik mula masalah ini. Dia mengharapkan rapat dengan ini bisa buat satu system penyelenggaraan ujian yang tambah baik.

” Bila siswa telah menyiapkan diri dengan maksimum tapi mereka tidak dapat dengan general hadapi masalah, bermakna ada mekanisme masalah ujian itu yang ada problem. Umpamanya tidak dibicarakan di kelas. Kita menginginkan bangun pendidikan kita yang baik. Prestasi, seperti di berolahraga bisa diraih bila systemnya bagus. Jadi prestasi serta penambahan kita tampak dari system pendidikan kita dari pelajaran, kurikulum, ” tutur Putu.

Terlebih dulu dikabarkan, banyak siswa yang mengeluhkan sulitnya masalah UNBK. Diantara mereka ada yang mengemukakan sharing lewat sosial media.

Yang dirasakan itu mereka berikan di kolom komentar instagram yang berkait dengan Kemendikbud seperti @kemdikbudri, serta @pustektekkom_kemdikbud. Diantara mereka banyak mengeluhkan sulitnya masalah di pelajaran matematika, fisika, serta kimia. Mereka berasumsi masalah yang didapatkan tidak kontekstual serta aplikatif.

About admin